Apakah anda mengetahui tentang Dragon's Den?
Apakah anda mempunyai saluran TV berbayar tetapi anda tidak mengetahui tentang Dragon's Den?
Bagi anda yang belum mengetahuinya Dragon's Den adalah sebuah reality show serial TV pada channel BBC Knowledge di TV berbayar yang mengetengahkan atau mempunyai konsep menampilkan para pengusaha muda atau entrepreneur yang berusaha memberikan penawaran kerjasama dengan memberikan kepemilikan saham perusahaannya atas imbalan terhadap modal yang ditambahkan yang diberikan oleh pengusaha-pengusaha kaya terkenal dalam serial ini disebut para Dragon (naga). Jadi disini si pengusaha muda tersebut akan mempresentasikan usahanya di depan para pengusaha-pengusaha kaya terkenal tersebut dengan sebaik-baiknya sehingga menarik para pengusaha kaya terkenal tersebut untuk menanamkan modal. Serial TV ini menarik karena ada banyak aspek ilmu pengetahuan yang terlibat di dalamnya.
Pada bagian satu kali ini kita akan membahas dari sudut pandang si pengusaha muda atau entrepreneur tersebut.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pengusaha muda atau entrepreneur yang ingin mendapatkan keuntungan akan mendapatkan tambahan modal untuk usahanya. Beberapa hal tersebut antara lain:
1. Presentasi dan menjawab pertanyaan
Mereka harus menampilkan presentasi dan menjawab pertanyaan secara meyakinkan tetapi juga jujur dalam mengemukakan fakta usahanya sebab yang dihadapi adalah pengusaha yang sukses dan berpengalaman yang mampu melihat apa saja dinamika perusahaan. Begitu mereka menampilkan atau menyampaikan informasi yang bertentangan maka hal tersebut akan menjadi suatu penekanan yang akan dilakukan para Dragron.
2. Kondisi keuangan
Bagaimanapun juga sebuah usaha adalah hal tentang uang. Mereka harus menyiapkan informasi kondisi keuangan mereka baik yang ada pada saat itu dan juga mengenai proyeksinya kedepan.
3. Batas kepemelikan saham
Mereka harus memperhitungkan besarnya kepemilikan saham apabila ada yang bersedia menanamkan modalnya. Kepemilikan saham berarti mengenai kendali perusahaan, pembagian keuntungan serta hal lainnya dari dampak kinerja keuangan.
4. Pasar
Meliputi pasar yang dituju oleh produk mereka serta potensi peluang pasar.
5. Aspek Produksi
Hal-hal yang meliputi dari produk atau jasa yang sitawarkan
Dari 3 hak tersebut di atas terlihat bahwa ada ilmu pengetahuan yang terlibat di dalamnya, yaitu:
1. Akuntansi: neraca, laba, persentase kepemilikan, dll
2. Ilmu Komunikasi: presentasi, penyampaian sesuatu di muka umum
3. Manajerial: aspek pengaturan kerja, paten, dll
4. Marketing: target pasar, peluang pasar, marketing mix, dll
5. Produksi: cara memproduksi, prosesnya, dll
Dengan keterlibatan semua komponen tersebut di atas maka sangatlah mengasyikkan apabila kita dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang kita dapat (sesuai dengan yang disebutkan di atas) dengan menganalisis setiap usaha para pengusaha muda atau entrepreneur yang mencoba mendapatkan tambahan modal tersebut.