Pages - Menu

Minggu, 01 September 2019

Free Fire adalah contoh Pay To Win paling kerasa.

Free Fire adalah salah satu contoh Pay To Win paling kerasa.

Untuk membuktikan hal ini saya sudah membuka 2 akun game Free Fire. Satu akun sangat minimal menggunakan skin dan 1 akun lagi saya usahakan untuk menggunakan skin. Kedua akun mempunyai level di atas 45.

Ketika saya menggunakan akun ber"skin" maka saya akan relatif lebih mudah menundukkan atau mengalahkan lawan dalam kondisi terbuka. Ketika saya menggunakan akun tidak berskin maka saya membutuhkan waktu agak lama dan kadang lolos atau keuntungan menang jadi berbalik (pada kondisi sama jagonya). Belum lagi ditambah skill karakter yang didapat dari pengalaman bermain tetapi bisa dibeli.

Sebagai estimasi:
Jika anda mempunyai skill atau keahlian bermain rata-rata dan anda ketemu pemain dengan skill rata-rata maka tentunya peluang memenangkan pertarungan 1 lawan 1 peluangnya 50:50, apabila pada kondisi saling berhadapan dan kebetulan mempunyai skin dan skill karakter penuh dan lawannya tidak maka persentase kemenangan anda bertambah menjadi lebih dari 70%. 
Jika anda mempunyai keahlian bermain agak di bawah sedikit dari rata-rata maka jika anda ber"skin" dan karakter penuh maka peluang menang dengan yang rata-rata dan tidak berskin bisa menjadi di atas 50%.

Pay to win bukan hal baru di dunia game apalagi di dunia game hp/smartphone. Sebab itulah yang menjadi pemasukan bagi para pembesut game apalagi game-game yang membutuhkan server berat dan kreativitas tinggi dalam in game design.

Jadi apakah skill bermain tidak dibutuhkan? Tetap dibutuhkan, tetapi ingat lawan anda bisa jadi mempunyai kesiapan yang lebih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar