Senin, 14 Januari 2013

Komponen elektronik di Indonesia

Pernahkah anda melihat daleman dari sebuah komponen benda/barang elektronik yang asli buatan lokal Indonesia atau di import dari China yang biasa disebut dengan produk China?

Pada umumnya kesan yang kita lihat adalah komponen yang terdapat di dalamnya terlihat sangat besar-besar dan yang paling sering terlihat adalah masih menggunakan kabel yang melintang menghubungkan satu komponen dengan komponen lainnya..seakan tidak beraturan. Memang tidak semua produk masih mengalami bentuk demikian. Produsen yang memiliki sertifikat produksi akan kualitas pasti sudah meninggalkan cara-cara demikian.

Tetapi ada hal yang menarik ketika saya membuka produk tablet yang notabene adalah produk yang sangat maju dibandingkan dengan produk elektronik lainnya. Ternyata ketika saya melihat daleman dan komponen-komponennya saya terkejut bahwa praktek itu masih dilakukan. Masih banyak kabel yang melintang..dan komponen-komponen nya masih yang terlihat sangat tradisional. Dan memang produk yang saya buka ini adalah produk lokal dengan penggarapan dari teknologi dan produksi dari China.

Kemudian saya berpikir bahwa kalau begini cara pembuatannya maka sebenarnya semua kalangan elektronika di Indonesia mulai dari pelajar sampai produsen bisa berpartisipasi dengan pembuatan produk ini. Hanya saja ada beberapa catatan mengenai kerja tersebut:
1. Chip seperti Processor dan RAM adalah komponen elektronik yang sulit penanganannya mulai dari didapat sampai pemasangan.
2. Mungkin kita mengerti dengan benar fungsi dan kerja setiap komponen elektronik tetapi mengintegrasikan dengan benar, efektif, efisien, rapih dan mumpuni dalam sebuah produk masih jauh tertinggal.
3. Teknologi baik mesin/hardware dan software dibalik pembuatan sebuah produk elektronik adalah sangat mahal terutama yang mengintegrasikan chip-chip penting. Apalagi dalam membuat chip-chip tersebut.
4. Pengalaman dalam desain produk baik tampilan luar dan dalam masih minim.

Kita mungkin bisa merakit dengan sempurna tetapi untuk menghasilkan murni produk asli semua unsur dari lokal memerlukan kerja keras dan komitmen penuh serta serius.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar