Pages - Menu

Jumat, 18 Juni 2021

Konten Tik Tok yang perlu dilewatkan atau tidak penting atau tidak mengetahui pun tidak apa-apa.

 Tidak semua konten tik tok perlu anda cermati atau anda tonton. Berikut adalah konten perlu dilewatkan atau tidak penting atau yang tidak mengetahui pun tidak apa-apa.

1. Konten yang berpart-part (kecuali tiap part berbeda topik). Atau konten yang sudah menyebutkan itu adalah part 1. Kalau anda sudah menonton part 1 dan kreatornya bilang diteruskan ke part 2 maka anda tidak perlu penasaran dengan mencarinya karena percayalah ga seberapa penting untuk dilanjutkan. Kalau anda cukup beruntung maka part lanjutan akan muncul dengan sendirinya.

2. Konten yang menyuruh anda untuk mikir sendiri dengan menyajikan suatu gambar atau video tetapi tidak diberi tanda atau keterangan. Biasanya diberikan narasi atau pengantar seperti "Apakah anda melihatnya?"

3. Konten yang mengaku kalau dia datang dari masa depan. Atau berbau spekulasi-spekulasi.

Kenapa saya menjabarkan hal ini semata-mata guna membantu anda menghemat kuota dan supaya waktu anda tidak terbuang percuma. Percayalah bahwa konten-konten tipe yang disebutkan di atas tidak semenarik dan semenghibur itu karena kalaupun anda tidak tahupun yang tidak apa-apa. Kalaupun anda tetap menelusurinya ya tidak apa-apa juga.


Sabtu, 22 Mei 2021

Tik Tok: Bentuk Aplikasi Media Sosial Baru Yang Berbeda Mekanisme Tetapi Konten Isi Yang Sama.

Tik Tok bagi saya adalah bentuk aplikasi media sosial baru yang berbeda mekanisme tetapi konten isi yang sama. Saya bisa memberikan kesimpulan awal seperti itu karena setelah menjelajahi fyp tik tok maka saya mendapati sebagian besar konten adalah bentuk daur ulang informasi yang umumnya berada di dunia maya jauh sebelum tik tok hadir.

Konten tersebut bisa ditemui sebelumnya di media sosial pendahulunya seperti Youtube dan lain-lain. Konten tersebut dikemas dengan narasi baru ataupun bisa jadi sekedar menghadirkan rangkuman atau intisari berbagai konten.

Karena tik tok ini dihadirkan dengan mekanisme fyp atau algoritma random tik tok yang menyebarkan konten ke pengguna maka ada baiknya jika konten-konten tersebut lebih bersifat pelestarian budaya. Setidaknya masih ada peluang dilihat orang dan jika dikemas dengan menarik maka yakinlah bisa menjadi tersebar atau bahkan viral.

Satu hal yang saya yakini ialah tik tok adalah memanfaatkan orang yang senang scroll atau swipe up layar smartphone dan hal ini dibawa atau dipopulerkan oleh pendahulunya hanya saja lebih dipermudah dan sangat random.

Kamis, 22 April 2021

Cara Membersihkan Kuas Cat Minyak

 Alternatif cara membersihkan kuas cat minyak yang biasa dipakai untuk mengecat kayu atau besi.

Cara ini digunakan untuk menghemat terpentin/thinner/bensin/minyak tanah yang digunakan untuk mengencerkan cat minyak dan biasanya digunakan untuk mencuci atau membersihkan kuas.

1. Setelah selesai digunakan pulaskan kuas ke koran bekas atau koran bekas atau media lain yang sudah tidak digunakan sampai cat tersisa sedikit atau rambuat kuas terasa tidak lengket

2. Ambil minyak goreng bekas lalu tuangkan untuk melumuri kuas tersebut.

3. Sambil dilumuri oleh minyak goreng sambil meremas-remas rambut kuas sampai cat meleleh/lumer di tangan.

4. Ambil sabun cuci piring lalu tuangkan ke kuas tersebut kemudian kembali diremas-remas bisa ditambahkan sedikit air sehingga kandungan sabun cuci piring tersebut dapat bekerja dan menghasilkan busa dan mengikat minyak.

5. Lalu bilas sampai bersih. Jika dirasa masih kurang bisa diulang prosedur di atas.

6. Setelah selesai terlihat bersih dari pulaskan kuas tersebut ke koran atau kertas bekas sampai rambut kuas terasa kering.

Demikian salah satu alternatif cara membersihkan kuas cat sehabis dipakai.

Kamis, 15 April 2021

Restrukturisasi JKT48 dan keberuntungan JOT

Restrukturisasi JKT48 dan keberuntungan JOT (manajemen JKT48 simgkatan dari JKT48 operational team)

Semua fans JKT48 merasa sedih ketika JKT48 harus membuang sebagian membernya dikarenakan keuangan grup terancam akibat dari pandemi covid-19 yang berkepanjangan. Tapi sebenarnya kesempatan atau momentum seperti itu adalah semacam "blessing in disguise" atau menjadi keberuntungan jot.

Mengapa demikian?

1. Member pelengkap.
Kita semua fans tahu persis kalau ada member-member yang tidak populer di mata fans, hal tersebut dibuktikan dengan banyak atau tidaknya sesi hs atau vc pada masa pandemi sekarang ini. Suka atau tidak member seperti itu adalah beban tersendiri bagi keuangan JOT apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Member seperti itu layaknya seperti pelengkap 16 dalam sebuah tim karena memang jualannya harus per tim tampil theater maksimal 16 orang. Member seperti itu tidak berkontribusi signifikan (dalam hal keuangan) karena volume hs atau vc yang tidak sebanding dengan biaya per 1 orang member tapi signifikan dalam paket 1 tim tadi. Istilahnya bisa saja member lain memberi subsidi kepadanya.

2. Member tidak tertib.
Member-member yang sekiranya urakan, nakal, sikap yang kurang baik. Termasuk member yang berpotensi menciptakan keributan di kalangan fans biasanya terkait golden rules.

3. Member yang tidak memiliki komitmen.
Member-member yang memang tidak ingin lagi di grup dengan segala macam alasan.

Member-member semacam itulah yang di waktu normal kadang susah untuk dikeluarkan oleh JOT maka di saat seperti inilah dengan alasan pandemi mereka bisa menyingkirkan mereka. Sebuah keberuntungan karena kategori di atas yang mempermudah siapa-siapa yang terkena restrukturisasi..

Kalau kita lihat profil-profil member JKT48 yang kena restrukturisasi maka semuanya bisa masuk kedalam kategori-kategori di atas.

Tidak perlu kita marah atau baper atau papun itu karena seperti itulah bisnisnya. Tidak mungkin dong perusahaan menanggung beban keuangan apalagi didalam ketidakpastian.

Itulah mengapa JKT48 harus lebih maju lagi supaya fans bertambah banyak otomatis value masing-masing member bisa bertambah.

Minggu, 11 April 2021

Ditutupnya divisi mobile phone LG

Ditutupnya divisi mobile phone LG tentunya membuat orang sedikit kaget. Sedikit kaget karena memang sedikit orang yang menggunakan HP smartphone LG. Dan memang itulah menjadi alasan utama mereka menutupnya. Apa yang menyebabkan hp smartphone LG tidak diminati masayarakat Indonesia pada umumnya? Berikut 2 opini.

1. Strategi pemasaran yang tidak unik atau khusus.
Tidak seperti Xiaomi atau OPPO/VIVO yang menentukan arah strategi marketing mereka secara khusus atau unik maka LG tidak menentukan kebijakan yang cukup menarik perhatian masyarakat. Mereka cenderung untuk menggunakan strategi marketing sama seperti produk elektronik mereka yang memang mumpuni.
Xiaomi dengan jaringan penjualan online dan basis komunitas. OPPO/VIVO dengan insentif sales yang menarik serta penjualan offline yang banyak sampai ke pelosok. Apakah anda mengingat penawaran LG?

2. Ketutup merk Samsung.
Sebagai brand merek asal Korea Selatan maka ada aroma persaingan sebagai merek pride atau kebanggaan negara tetapi Samsung yang lebih berani praktek head to head dengan iPhone dan tetap fokus menciptakan Smartphone yang sangat berkualitas.

Tapi apapun alasannya merek LG masih salah satu yang terkuat di dunia elektronika.