Siapa yang tidak tahu Jalan Cihampelas Kota Bandung Jawa Barat. Salah satu tempat kunjungan wisatawan yang berkunjung ke kota Bandung. Dulu jalan Cihampelas terkenal dengan pusat penjualan jeans kota Bandung. Merek-merek lokal yang dijual di toko-toko sepanjang jalan Cihampelas adalah tentang kualitas dan kebanggaan. Levi's dan Lea pun bisa dikatakan sejajar dengan merek-merek lokal ini.
Tapi apa yang terjadi sekarang? Dikenal hanya sebagai persinggahan wisatawan domestik yang berkunjung ke Bandung. Konsep toko jeans berubah menjadi fashion outlet. Pedagang kaki lima merajalela. Sangat jauh berubah dari konsep yang awal diterapkan.
Mengapa penulis perlu menyikapi perubahan ini? Seperti yang telah dituliskan di atas bahwa ada kebanggaan tersendiri apabila produk dalam negeri mendapatkan tempat atau nama yang sejajar dengan produk luar negeri. Sentra penjualan seperti jalan Cihampelas yang dulu sebagai sentra penjualan jeans menunjukkan bahwa roda industri saat itu berjalan dengan baik. Industri kecil dan menengah yang sekarang sedang digadang-gadang untuk diminta bangkit.
Kalau ditanya bahwa tren sentra bisnis sudah tidak berlaku sekarang dan industri pakaian atau jeans banyak digalakkan usahawan muda melalui distro-distro dan sudah ada distro yang terkenal hingga manca negara?
Saya tidak melihat demikian. Kebanggaan dan kualitas yang dulu dipunyai seharusnya bisa mendunia sekarang. Bagaimana mungkin produksi masal China mendominasi dengan merek dan kualitas yang tidak jelas? Dan kalaupun ada yang sudah terkenal seharusnya bukan hanya 1 atau 2 tapi keseluruhan industri tersebut.
Sayang sekali modal yang bagus sekarang sudah hilang. Semoga masih ada kesempatan di waktu dan tempat yang lain.